About

Minggu, 18 Februari 2018

GINJ

struktur ginjal:

Ginjal merupakan organ penting dalam sistem renalis tubuh. Beberapa komponen yang lebih besar dalam anatomi ginjal termasuk renal pelvis, medula renalis, dan korteks renalis. Salah satu fungsi ginjal adalah Membantu dalam menyaring racun dan menjaga keseimbangan cairan. Selain fungsi tersebut, ginjal memainkan peran penting lainnya dalam menjaga kesehatan.


Manusia biasanya memiliki dua ginjal. Ginjal manusia dewasa seukuran kepalan tangan dan berbetuk seperti kacang. Ginjal terletak di bawah tulang rusuk, satu di kedua sisi tulang belakang, dan mereka berada di dekat bagian belakang tubuh. Ginjal memiliki bagian cekung yang menghadapi lebih dekat dengan tulang belakang. Sebuah lelukan pada bagian anatomi ginjal memegang sinus renalis, dan ureter, darah dan pembuluh limfatik, saraf, dan ureter masuk ke sini.

Bagian atas ureter memasuki ginjal dan membentuk renal pelvis, yang dibagi menjadi dua atau tiga tabung yang disebut calyces mayot. Calyces mayor dibagi lagi menjadi calyces minor. Seiring dengan pelvis renalis, ginjal berisi dua divisi utama lainnya. Salah satunya adalah medula renalis, yang memegang piramida renalis. Bagian-bagian dari ginjal adalah koleksi jaringan berbentuk kerucut, yang memiliki tubulus yang menggerakkan urin dari bagian terluar dalam anatomi ginjal ke bagian dalam dari calyces.

Struktur utama lain dalam anatomi ginjal adalah korteks renalis. Suatu korteks renalis membungkus medula ginjal, dan mengisi ruang antara piramida renalis. Daerah-daerah yang berkikir dikenal sebagai kolom renalis. Korteks ini juga memegang bagian dari nefron.
Nefron adalah unit fungsional dari anatomi ginjal, dan sebagian besar pekerjaan ginjal dilakukan oleh bagian nefron dalam struktur ginjal. Ada sekitar satu juta nefron di setiap ginjal. Mereka mengandung sel-sel renalis, terdiri dari kelompok kapiler darah yang disebut glomerulus.
Glomerulus membantu dalam penyaringan cairan, langkah awal dalam pembentukan urin. Kapsul glomerular (juga dikenal sebagai kapsul Bowman) menyelubungi glomerulus. Nefron juga mengandung tubulus ginjal, yang merupakan tubulus yang mengalirkan cairan yang melewati saat meninggalkan tubuh. Glomerulus adalah jaringan gabungkan kapiler yang meningkatkan luas permukaan darah yang bersentuhan pada dinding pembuluh darah.



Struktur Ginjal Manusia
  1.  Piramida ginjal 
  2.   Arteri interlobular 
  3.  arteri ginjal 
  4.  vena Ginjal 
  5.  Hilus ginjal
  6.   Pelvis ginjal 
  7.   Ureter 
  8.  Kelopak kecil
  9.  Kapsul ginjal 
  10.  Kapsul ginjal Inferior 
  11.  kapsul ginjal Superior 
  12.  Vena interlobular 
  13.  Nefron 
  14.  Kelopak kecil
  15.   Kelopak utama 
  16. Papilla ginjal 
  17.  kolom ginjal



fungsi ginjal:

  • Mengatur komposisi darah: Menjaga konsentrasi berbagai ion dan zat penting lainnya tetap konstan, menjaga volume air dalam tubuh Anda tetap konstan, membersihkan limbah dari tubuh Anda (urea, amonia, obat-obatan, zat beracun); menjauhkan asam / basa dengan konsentrasi konstan darah Anda
  • Membantu mengatur tekanan darah Anda
  • Merangsang pembuatan sel darah merah
  • Menjaga kadar kalsium tubuh Anda


sumber:http://www.sridianti.com/struktur-ginjal-manusia.html







sumber:https://www.youtube.com/results?search_query=ginjal+sebagai+alat+ekskresi







Februari 18, 2018   Posted by Ryryt Erlyna in with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search