About

Minggu, 11 Februari 2018

Organ Pernapasan Manusia


      pengertian sistem pernapasan atau respirasi pada manusia intinya adalah semua organ yang berperan dalam proses pernafasan.Saluran pernapasan adalah organ tubuh kita yang digunakan sebagai tempat masuknya oksigen dan keluarnya karbon dioksida yang diperlukan sebagai proses pernafasan. Oksigen yang kita hirup dimulai dari hidung atau  bisa melalui mulut dan terakhir prosesnya ada di organ utama yaitu paru-paru.



bagian sistem-pernapasan-pada-manusia-dan-fungsinya

bagian sistem-pernapasan-pada-manusia-dan-fungsinya




1. Hidung

merupakan organ tubuh pertama kita yang dilalui oleh oksigen, terdiri dari lubang hidung, rongga hidung dan ujung rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat selaput lendir dan bulu-bulu hidung, makanya lebih aman kalau kita bernafas menggunakan hidung daripada mulut.fungsi hidung:Dengan menghirup udara dengan hidung, udara yang masuk akan tersaring oleh bulu-bulu hidung selaput lendir akhirnya udara menjadi bersih,tak hrah jika di hidung terdapat upil,hidung akan menyesuaikan suhu dan kelembaban udara sesuai tubuh kita.







2. Tenggorokan

memiliki 2 cabang saluran yaitu untuk saluran pernafasan dan untuk saluran pencernaan. Khusus untuk saluran pernafasan biasanya panjangnya 12-14 cm. Tepat dibagian pangkalnya tenggorokan kita namakan laring.Laring ini panjangnya hanya sekitar 3-4 cm dan berbentuk seperti kerucut terbalik yang tersusun dari 9 tulang rawan dan beberapa otot. Nah jika kita amati secara seksama di tulang rawan, kita akan menemukan pintu masuk laring atau biasa kita sebut epiglotis.Epiglotis ini fungsinya sangat penting bagi kita karena dia memiliki klep yang tugasnya mengatur pergantian pertukaran udara pernafasan dan makanan pada persimpangan jalan masuk itu. Makanya orang tua kita bilang kalau makan gak boleh ngomong (bener itu).Selain epiglotis, terdapat organ lain di laring yaitu cairan dan pita suara. kita bisa berbicara karena pita suara kita bergetar yang mana diatur ketegangannya diatur oleh beberapa otot di dalamnya. Kalau cairan ini berfungsi untuk menangkap debu dan kotoran yang masuk.




3. Trakea (Batang Tenggorokan)


rakea ini terletak di kerongkongan saluran makanan. Trakea ini tersusun dari tulang rawan yang berbentuk cincin. Untuk dinding sebelah dalamnya terdapat selaput lendir dan silia. fungsinya adalah menahan dan mengeluarkan kotoran agar tidak masuk paru-paru jika kotoran tersebut tidak mampu ditangkap oleh cairan dari laring.









sumber:https://hidupsimpel.com/sistem-pernapasan-pada-manusia-beserta-fungsi-penyakit-dan-gambarnya/






https://youtu.be/puZ-iYumdWo
Februari 11, 2018   Posted by Ryryt Erlyna in with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search